SHOW

  • CARA MERAWAT LAPTOP DENGAN BAIK DAN BENAR
  • GUGUP
  • ALAY
  • TIPS MEMBUAT PRESENTASI YANG BAIK
  • DAMPAK NEGATIF INTERNET
  • WINDOWS 8
  • DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERGAULAN BEBAS
  • JEPANG,NEGARA DENGAN BIAYA HIDUP TERMAHAL DI DUNIA
  • TINGGALKAN MEROKOK DAN MULAILAH GAYA HIDUP SEHAT
  • DAMPAK PENGGUNAAN SMART PHONE
  • CARA MENJAGA KESEHTAN TUBUH
  • GUITAR AND TRICKS
  • PENILAIAN KINERJA DOSEN DALAM MENGAJAR
  • TIPS MERAWAT KUCING DENGAN BAIK
  • PENTINGNYA SARAPAN PAGI
  • NARKOBA
  • MOTIVASI HIDUP
  • FENOMENA TINDAKAN KRIMINAL DAN KEKERASAN
  • JENIS-JENIS BISNIS
  • TIPS MENJAGA SUASANA HATI
  • BANGGA MENJADI INDONESIA
Home » » Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat

Written By Indra Rahman on Minggu, 09 Juni 2013 | 18.23


Apakah Hidup Sehat Itu?

Banyak orang yang secara jasmani memiliki tubuh yang sehat dan baik, namun kondisi rohani mereka sangat memprihatinkan. Orang-orang sukses dan kaya yang mempunyai jasmani sehat, belum tentu kondisi rohani mereka sehat.
Bagaimana menjaga agar kondisi jasmani dan rohani Anda senantiasa sehat? Pengertian hidup sehat mencakup aturan dan pola seseorang untuk menjalankan hidup ini dengan cara proporsional dan terkontrol. Pola tersebutlah yang akan membuat orang menjadi sehat. Untuk sehat butuh aturan, jika hidup tanpa aturan maka akan muncullah kehidupan yang serampangan. Bukan hanya kesehatan fisik yang akan terganggu, namun lebih berbahaya lagi jika menyangkut kesehatan jiwa.
Kesehatan amatlah penting untuk meraih kebahagiaan hidup. Syarat utama seseorang dapat menikmati kebahagiaan dalam hidup ini adalah saat mereka memiliki kesehatan secara jasmani dan rohani. Pengertian hidup sehat ini menjadi cara seseorang untuk menuju kebahagiaan hidup.
Bayangkan saja, jika Anda mempunyai segudang kekayaan dan dikelilingi orang-orang tercinta di sekitar Anda, akan tetapi Anda dalam keadaan stres
atau terbaring di rumah sakit, apakah Anda akan merasakan kebahagiaan secara sempurna. Oleh sebab itu mulailah membiasakan hidup sehat. Sebab salah satu resep kebahagiaan ternyata adalah apabila kita bisa hidup dalam kondisi sehat.
  

Pola Hidup Sehat Secara Jasmani

Pola meliputi cara, aturan dan hal yang harus dilaksanakan seseorang dalam rangka mencapai sebuah tujuan. Untuk dapat hidup sehat secara jasmani, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menilik secara fisik bagian dari tubuh yang berkontribusi menyumbang masalah penyakit. Tahukah Anda perut merupakan sumber dari berbagai penyakit?
Perut berawal dari mulut, dan mulut akan terpulang pada pola makan dan kebiasaan Anda memakan makanan. Pola untuk meraih kesehatan jasmani yang pertama adalah dengan mengatur pola makan Anda. Atur dan kontrollah makanan-makanan yang masuk ke dalam mulut Anda. Jangan sembarangan dan jangan berlebihan. Sembarangan artinya Anda harus selektif dengan makanan-makanan berbahaya yang mengandung zat aditif berlebihan.
Tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi suatu makanan. Apapun makanan yang Anda konsumsi, meski tadinya adalah makanan sehat dan bergizi, jika Anda makan dalam jumlah yang berlebihan niscaya akan menimbulkan dampak dan pengaruh buruk bagi tubuh.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Sebagai bentuk dari proses tumbuh dan berkembang, manusia memerlukan pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat hidup lebih lama dengan sehat dan mandiri. Kehidupan yang lebih baik juga nantinya akan didapat jika manusia mampu memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan sumber makanan yang sehat dan tidak terkontaminasi bahan makanan kimia yang dapat merusak fungsi organ tubuh mereka.
Berbicara tentang pola hidup sehat, hal ini tidak hanya memfokuskan pada sumber makanan sehat, namun juga terkait dengan kebiasaan sehat dalam menjalani kehidupan serta tidak kalah penting adalah kepemilikan pola pikir positif. Manusia yang memandang kehidupan dengan lebih optimis, diyakini sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan yang pada akhirnya membebaskan mereka dari beban pikiran yang mungkin dialaminya sehingga mampu menghindarkan penyakit yang biasanya juga disebabkan oleh munculnya beban pikiran, stres, dan kecemasaan dalam kehidupan mereka.
Manusia tentunya disibukkan dengan beragam aktivitas yang merupakan konsekuensi atas pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Aktivitas tersebut beragam, termasuk salah satunya dengan bekerja yang ditujukan untuk memperoleh hasil dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun terkadang manusia lupa bahwa tubuh pun membutuhkan asupan gizi yang sehat demi menyeimbangkan aktivitas mereka yang sangat padat dan beragam tersebut. Beberapa kebiasaan hidup manusia yang kurang baik juga menjadi pemicu gagalnya pola hidup sehat karena mereka tidak memperhatikan pentingnya asupan tersebut bagi tubuh.
Untuk itu, manusia disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi karena hal itulah yang sangat dibutuhkan tubuh, terlebih jika badan dalam keadaan capek atau sakit. Untuk mendapatkan makanan bergizi, hal ini tidak berarti harus mengkonsumsi makanan mahal. Makanan yang diperoleh dengan harga terjangkau pun dapat dikategorikan sebagai makanan sehat mengingat makanan tersebut dibuat dari bahan yang tidak banyak menggunakan bahan kimia dan berasal dari tumbuhan segar.
Tidur cukup juga menjadi alternatif untuk menciptakan pola hidup sehat karena pada saat manusia melakukan ini, otot dan otak yang selama ini bekerja dapat relaksasi dan beristirahat. Selain itu, olahraga yang rutin juga bisa membantu untuk menurunkan lemak dan kolesterol sehingga timbunan lemak yang memicu timbulnya penyakit dapat dihindari. Tidak membiasakan diri untuk merokok, mengkonsumsi alkohol dan kafein juga mampu melindungi tubuh dari bahaya nikotin yang jelas merusak sistem pernafasan dan jantung manusia.
Saat pikiran berada posisi rileks dan selalu berpikir positif, hal-hal baik akan selalu dating. Tidak ada perasaan cemas, marah, dan penyakit hati lainnya menjadikan manusia menjadi lebih optimis dalam menghadapi hidup. Manusia pun akan lebih siap saat mendapat permasalahan sehingga beban pikiran pun kecil. Manusia dengan beban pikiran yang berat kemungkinan akan mengalami penyakit seperti tekanan darah tinggi lebih besar dibanding dengan orang yang lebih rileks. Pola hidup sehat inilah yang perlu diupayakan oleh manusia baik yang masih remaja maupun tua demi menciptakan kehidupan yang lebih baik.
Hidup lebih terarah, nyaman, dan bahagia tentunya akan dirasakan jika manusia sehat secara lahir dan batin. Kesehatan jasmani menjadikan manusia mempunyai kesempatan untuk mencapai usia harapan hisup lebih tinggi. Sementara kesehatan batin akan menjadikan manusia lebih optimis dalam menatap masa depan. Semua hal tersebut dapat terwujud jika manusia mau mengaplikasikan pola hidup sehat.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang diperoleh seseorang yang telah melakukan dan menerapakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari :
·         Dapat tidur lebih nyenyak
·         Dapat bekerja lebih maksimal
·         Dapat belajar dengan baik
·         Dapat berpikir sehat dan positif
·         Merasakan damai,nyaman dan tentram
·         Memiliki penampilan yang sehat
·         Mendapatkan kehidupan dan interaksi social yang baik
·         Lebih percaya diri
·         Menghemat biaya kesehatan
·         Terhindar dari penyakit.

Dampak positif pola hidup sehat terhadap tubuh

·         Nafsu makan akan bertambah karena sistem pencernaan menjadi lebih baik,
·         Sikap tubuh kokoh dan kuat karena otot-otot menjadi kuat dan besar,
·         Tubuh tahan terhadap penyakit,
·         Raut wajah kelihatan riang;
·         Mempunyai keinginan keras dan disiplin;
·         Peredaran darah menjadi cepat dan lancar; dan
·         Sirkulasi zat di dalam tubuh menjadi cepat.

 Kegiatan yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan

Fakta menunjukkan bahwa orang zaman dulu memiliki tubuh yang sehat, mereka lebih jarang terkena penyakit dan berusia lebih panjang dibandingkan pada manusia zaman sekarang. Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang meninggal di usia muda dengan berbagai komplikasi penyakit. Menurut data WHO, tujuh persen kematian dini disebabkan oleh berbagai penyakit seperti jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Separuh dari jumlah tersebut terkait dengan pola makan yang buruk.
Pola makan modern merupakan pemicu utama timbulnya penyakit degeneratif. Beberapa pola makan modern yang tidak sesuai dengan pengertian pola hidup sehat antara lain terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan lemak serta kurang mengonsumsi serat dan sering memakan makanan cepat saji (fast food) yang banyak mengandung pengawet, penyedap rasa, lemak, dan kalori kosong. Selain itu juga kebiasaan ngemil berlebihan. Selain mengemil, merokok juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan para remaja. Karena di dalam rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. 

Dampak Buruk Pola Hidup Tidak Sehat bagi Remaja

Pola hidup tidak sehat tentunya membawa dampak buruk bagi kehidupan remaja. Tidak hanya pola makan yang menjadi penyebab dampak buruk hidup tidak sehat. Ada beberapa faktor-faktor lain, yaitu :
1. Takut ketinggalan informasi dan khawatir dikucilkan, membuat remaja jadi sakit. Infobesitas, kebanyakan informasi menjadikan remaja stress. Bukan kelebihan lemak di badan, atau nama klub sepakbola Turki, Besiktas, tapi sebuah penyakit jenis baru. Bisa dibilang juga trend baru. Keluhan dari orang yang terkena dampak kelebihan informasi dan takut ketinggalan berita dapat membuat  badan letih, kurang tidur, masalah konsentrasi. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa orang ini takut ketinggalan berita dan takut tidak punya teman.
2. Kecanduan Internet : penyakit ini muncul sejalan dengan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih. Remaja mencari sendiri segala informasi yang ditawarkan di internet. Itu terbukti dari tingginya akun di Facebook, Hyves, Twitter  dan jaringan pertemanan lainnya yang jumlahnya berjuta-juta. Remaja banyak menghabiskan waktu di depan monitor internet dan mengirim SMS yang banyak bahkan sampai puluhan sehari. Internet sudah menjadi bagian hidup mereka. Sehingga bisa menghilangkan kosentrasi untuk kegiatan lain dan bisa membuat mata seseorang kelelahan, hingga mengakibatkan kelainan pada mata seseorang.
3. Stress : ditambah lagi dengan HP yang dilengkapi sarana internet. Sehingga sudah tidak mungkin lagi lepas dari jaringan internet selama 24 jam. Keinginan untuk terus menerus tersambung dengan internet, membuat remaja jadi stress.
4. Pengawasan : kurangnya pengawasan dari orang tua, membuat pening, sementara orang-orang dewa kecanduan games pada remaja. Ini menimbulkan dampak buruk, yaitu stress info. Si anak menjadi cepat lelah, kurang tidur, dan masalah untuk bisa membagi waktu, serta konsentrasi yang terganggu.

Penerapan Pola Hidup Sehat

Hal yang kami lakukan, seperti menyesuaikan kebiasaan dengan kebutuhan. Misalnya pada kebiasaan makan. Makan makanan sehat dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup. Melakukan pola hidup sehat tidak harus berarti perubahan drastis. Bahkan, perubahan drastis hampir selalu menyebabkan kegagalan untuk memiliki pola makan yang sehat.
Sebagai remaja, kita perlu nutrisi lengkap supaya bisa bertumbuh optimal, baik tinggi maupun berat badan, serta mampu melakukan berbagai aktivitas. Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus dengan pola hidup yang serba mahal. Karena semua itu dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Semua dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Hidup sehat harus diawali dengan perubahan yang kecil terlebih dahulu.
Adapun beberapa hal yang kami lakukan ini cukup simpel. Kami hanya perlu melakukan langkah-langkah pokok sebagai berikut:
1. Langkah pertama. Olahraga. Ini adalah hal termudah untuk dilakukan agar tubuh kita tetap sehat. Jenis olahraga yang kita lakukan untuk membantu pembakaran metabolisme didalam tubuh. Kami sendiri olahraga yang kami sukai adalah bermain sepak bola.
2. Langkah kedua. Melakukan gerakan ringan. Kita dapat mengurangi berat tubuh, tanpa harus melakukan olahraga yang berat. Jika kita belum siap untuk melakukan program yang terjadwal, lakukan gerakan ringan terlebih dahulu. Berikut ini adalah kegiatan untuk melakukan gerakan ringan.
> Matikan televisi. Bermainlah bersama teman, keluarga. Aktivitas apa saja daripada duduk terdiam sambil menonton televisi. Kami biasa mengisi waktu bersama teman dengan bermain catur.
> Kami berjalan-jalan. Setiap hari kami menyempatkan diri untuk berjalan kaki. Tidak peduli berapa lama dan berapa jauh.
> Lakukan kegiatan rumah. Kami melakukan kegiatan dirumah seperti membersihkan lantai rumah, merapikan dan menyapu di kamar.
3. Langkah ketiga. Makan yang cukup. Makan dengan gizi seimbang dan cukup adalah salah satu penunjang untuk hidup sehat. Adapun makanan yang harus ada dalam daftar menu, sebagai berikut:
> Makan lebih banyak buah-buahan. Alhamdulillah, setiap dua hingga satu hari sekali selalu tersedia buah di rumah kami sehingga kebutuhan tubuh kami akan buah dapat terpenuhi.
> Lebih banyak untuk mengkonsumsi sayur-mayur. Sama halnya dengan buah, hampir setiap hari kami mengkonsumsi sayur-mayur.
> kami makan makanan yang rendah lemak. Seperti mengganti yang manis-manis dengan menggunakan gula rendah kalori. Mengganti susu yang rendah lemak. Menyiapkan makanan pengganti. Maksudnya disini, kita jangan terus menerus mengkonsumsi makanan yang sama. Misalkan, ikan diganti daging, nasi diganti gandum dan begitu pula sebaliknya.
> kami minum minimal 4 gelas air setiap hari.
4. Kami  makan sesuai waktunya. Makan tiga kali sehari dengan cemilan di antaranya adalah cara terbaik untuk mempertahankan berat badan dengan sehat. Kami sendiri tidak pernah melewatkan sarapan atau makan malam karena hal itu justru akan membuat kita lebih kelaparan dan cenderung makan lebih banyak dengan makanan yang tidak sehat.
5. Kami lebih memilih makanan yang dipanggang atau direbus, bukan digoreng. Dibandingkan makanan yang dipanggang atau direbus, makanan yang digoreng mempunyai 50% kalori atau lemak lebih banyak.
6. Kami mengurangi fast food. Makan sekali-sekali boleh, tetapi jaga porsinya dan hindari fast food berukuran besar. Kalori dalam fast food berukuran besar akan ditumpuk menjadi lemak dan mengakibatkan naiknya berat badan. Kebanyakan fast food juga kaya akan lemak jenuh, gula, garam, dan kurang nutrisi penting vitamin dan mineral.
7. Kami mengemil dengan sehat. Salah satu cemilan sehat adalah buah dan sayur. Selain kaya serat, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kita. Supaya tidak bosan, variasikan dengan yogurt buah, jus, atau salad.
8. Kami makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang. Selain karbohidrat (nasi, roti, pasta), juga konsumsi protein (daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak), lemak (ikan, kacang, salad dressing rendah lemak, alpukat), kami juga makan buah dan sayur dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.
9. Kami menghindari soft drink. Minuman ini tidak mengandung vitamin, mineral, protein atau serat. Daripada minum soft drink dengan hanya mendapatkan asupan karbohidrat, bagi kami lebih baik minum susu dengan kandungan nutrisi yang lebih beragam, terutama nutrisi kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

0 komentar :

Poskan Komentar

Translate

STMIK BANJARBARU

STMIK BANJARBARU
KOMUNITAS SUKSES

RADIO ONLINE

ARTIKEL TERBARU

FOLLOWER

TRAFIK PENGUNJUNG

Night Diamond Bloody Red - Link Select Max